Contoh soal ujian tema 5 kelas 3 semester 2

Contoh soal ujian tema 5 kelas 3 semester 2

Contoh soal ujian tema 5 kelas 3 semester 2

Contoh Soal Ujian Tema 5 Kelas 3 Semester 2: Menjelajahi Dunia Cuaca dan Keberagamannya

Pendidikan dasar adalah fondasi penting bagi tumbuh kembang anak. Memasuki semester kedua kelas 3, siswa akan dihadapkan pada berbagai materi yang semakin kompleks namun tetap relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu tema yang menarik dan penuh pengetahuan adalah Tema 5: Cuaca. Tema ini mengajak siswa untuk memahami fenomena alam di sekitar mereka, yaitu cuaca, serta bagaimana cuaca memengaruhi aktivitas, budaya, dan kehidupan sosial manusia.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap mengenai contoh-contoh soal ujian Tema 5 Kelas 3 Semester 2. Dengan memahami jenis-jenis soal dan materi yang akan diujikan, diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik, guru dapat memiliki referensi dalam menyusun soal, dan orang tua dapat membimbing anak-anaknya dalam belajar.

Mengapa Tema 5 (Cuaca) Penting?

Tema Cuaca tidak hanya mengajarkan fakta-fakta ilmiah tentang perubahan atmosfer, tetapi juga mengintegrasikan berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBdP, dan PJOK. Melalui tema ini, siswa diajak untuk:

Contoh soal ujian tema 5 kelas 3 semester 2

  • Menganalisis informasi tentang cuaca.
  • Memahami pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia (pakaian, makanan, kegiatan).
  • Menghargai keberagaman budaya dan kebiasaan yang muncul akibat perbedaan cuaca.
  • Menerapkan konsep pecahan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengembangkan kreativitas melalui karya seni bertema cuaca.
  • Menjaga kesehatan tubuh sesuai kondisi cuaca.

Mari kita selami lebih dalam contoh-contoh soal per mata pelajaran yang relevan dengan Tema 5 Kelas 3 Semester 2.

I. Bahasa Indonesia: Menggali Informasi dan Berkomunikasi tentang Cuaca

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa diharapkan mampu memahami teks informasi tentang cuaca, mengidentifikasi kosakata baru, menulis kalimat atau paragraf sederhana, serta menyampaikan saran atau pendapat terkait cuaca.

A. Pilihan Ganda

  1. Keadaan udara pada waktu dan tempat tertentu disebut…
    a. Musim
    b. Cuaca
    c. Iklim
    d. Suhu

  2. Berikut ini yang bukan merupakan unsur-unsur cuaca adalah…
    a. Suhu udara
    b. Angin
    c. Bentuk rumah
    d. Curah hujan

  3. Saat cuaca mendung, biasanya langit dipenuhi oleh…
    a. Awan putih cerah
    b. Awan gelap tebal
    c. Pelangi
    d. Bintang-bintang

  4. Kalimat yang tepat untuk memberikan saran kepada teman yang akan bermain di luar saat cuaca hujan adalah…
    a. "Ayo kita bermain hujan-hujanan!"
    b. "Sebaiknya kamu memakai jas hujan dan payung agar tidak sakit."
    c. "Tidak apa-apa kok, cuma gerimis."
    d. "Kamu harus tetap pergi, kan sudah janji."

  5. Bacalah paragraf berikut:
    "Pagi ini cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang dan udaranya hangat. Edo dan teman-teman berencana bermain bola di lapangan. Mereka sangat gembira."
    Informasi utama dari paragraf di atas adalah…
    a. Edo dan teman-teman bermain bola.
    b. Cuaca pagi ini sangat cerah.
    c. Udara hangat di pagi hari.
    d. Mereka sangat gembira.

B. Isian Singkat

  1. Cuaca cerah ditandai dengan matahari yang bersinar __.
  2. Saat cuaca hujan, sebaiknya kita memakai pakaian yang __.
  3. Kata "mendung" memiliki arti awan yang __ dan akan segera turun hujan.
  4. Kita dapat mengetahui perkiraan cuaca melalui berita di televisi atau __.
  5. Jika cuaca sangat panas, tubuh kita akan banyak mengeluarkan __.

C. Uraian

  1. Tuliskan 3 perbedaan kegiatan yang biasa kamu lakukan saat cuaca cerah dan saat cuaca hujan!
  2. Jelaskan mengapa kita perlu mengetahui informasi tentang perkiraan cuaca setiap hari!

II. Matematika: Mengolah Angka dalam Konteks Cuaca

Materi Matematika dalam Tema 5 umumnya berfokus pada pecahan sederhana, pengukuran waktu, dan operasi hitung bilangan cacah yang bisa dikaitkan dengan konteks cuaca.

A. Pilihan Ganda

  1. Sebuah kue dipotong menjadi 4 bagian sama besar. Setiap bagiannya disebut…
    a. Seperdua
    b. Sepertiga
    c. Seperempat
    d. Seperlima

  2. Pecahan yang menunjukkan satu bagian dari tiga bagian yang sama besar adalah…
    a. 1/2
    b. 1/3
    c. 1/4
    d. 1/5

  3. Pada hari hujan, Siti membuat 8 buah keripik pisang. Ia memberikan 1/4 bagian kepada tetangga. Berapa buah keripik pisang yang diberikan Siti kepada tetangga?
    a. 1 buah
    b. 2 buah
    c. 3 buah
    d. 4 buah

  4. Lani belajar selama 1 jam 30 menit. Berapa menit Lani belajar?
    a. 30 menit
    b. 60 menit
    c. 90 menit
    d. 130 menit

  5. Jika hari ini hujan deras selama 2 jam, dan hujan mulai pukul 10.00 WIB, pada pukul berapa hujan berhenti?
    a. 11.00 WIB
    b. 12.00 WIB
    c. 13.00 WIB
    d. 14.00 WIB

B. Isian Singkat

  1. Pecahan 2/5 dibaca dua __.
  2. Setengah jam sama dengan __ menit.
  3. 1/3 bagian dari 9 adalah __.
  4. Gambar lingkaran dibagi 6 bagian sama besar. Jika 1 bagian diarsir, maka nilai pecahannya adalah __.
  5. Urutan pecahan dari yang terkecil adalah 1/5, 1/4, 1/3, __.

C. Uraian

  1. Gambarkan sebuah persegi panjang, lalu arsir 3/4 bagiannya. Jelaskan arti dari pecahan 3/4 tersebut.
  2. Dayu memiliki 12 buah jeruk. Ia memberikan 1/3 bagian kepada kakaknya dan 1/4 bagian kepada adiknya. Berapa sisa jeruk Dayu sekarang? Tunjukkan cara menghitungnya!

III. PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan): Menghargai Keberagaman Akibat Cuaca

Dalam PPKn, siswa diajarkan tentang pentingnya menghargai keberagaman, hak dan kewajiban, serta pengamalan nilai-nilai Pancasila yang sering dikaitkan dengan interaksi sosial dalam berbagai kondisi cuaca.

A. Pilihan Ganda

  1. Salah satu contoh keberagaman di Indonesia yang dipengaruhi oleh cuaca adalah…
    a. Adanya berbagai jenis makanan khas daerah.
    b. Perbedaan tinggi badan setiap orang.
    c. Warna kulit yang berbeda-beda.
    d. Setiap orang memiliki nama panggilan.

  2. Saat musim hujan, beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi atau kebiasaan yang berbeda. Sikap yang tepat adalah…
    a. Mengejek kebiasaan tersebut.
    b. Menganggap kebiasaan kita yang paling benar.
    c. Menghargai dan menghormati setiap kebiasaan daerah lain.
    d. Mengabaikan kebiasaan tersebut.

  3. Berikut ini yang merupakan contoh hak anak di rumah saat cuaca dingin adalah…
    a. Memakai jaket tebal.
    b. Membantu ibu membersihkan rumah.
    c. Mematikan lampu setelah selesai belajar.
    d. Merapikan mainan.

  4. Kewajiban kita saat terjadi bencana banjir akibat hujan deras terus-menerus adalah…
    a. Hanya menonton saja.
    b. Membantu korban semampu kita.
    c. Menyalahkan pemerintah.
    d. Berdiam diri di rumah.

  5. Sikap tolong-menolong saat ada tetangga yang rumahnya kebanjiran mencerminkan pengamalan sila Pancasila ke…
    a. Pertama
    b. Kedua
    c. Ketiga
    d. Keempat

B. Isian Singkat

  1. Menjaga kebersihan lingkungan saat musim hujan adalah salah satu __ kita sebagai warga negara.
  2. Kita harus __ setiap perbedaan yang ada di masyarakat.
  3. Sila ketiga Pancasila berbunyi "Persatuan __".
  4. Contoh makanan yang cocok disantap saat cuaca dingin adalah __.
  5. Meskipun kita memiliki pakaian atau kebiasaan berbeda saat cuaca tertentu, kita harus tetap menjaga kerukunan dan __.

C. Uraian

  1. Jelaskan mengapa penting untuk menghargai keberagaman pakaian dan makanan khas di Indonesia yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca!
  2. Sebutkan 3 contoh hak dan 3 contoh kewajibanmu di rumah saat cuaca panas!

IV. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya): Mengekspresikan Cuaca Melalui Seni

Dalam SBdP, siswa diajak untuk mengembangkan kreativitas melalui gambar, kolase, atau lagu yang bertemakan cuaca, serta memahami unsur-unsur seni rupa dan pola irama.

A. Pilihan Ganda

  1. Unsur seni rupa yang paling dasar dan membentuk sebuah objek adalah…
    a. Warna
    b. Garis
    c. Bidang
    d. Tekstur

  2. Teknik membuat karya seni dengan menempelkan berbagai potongan bahan (kertas, kain, daun) disebut…
    a. Melukis
    b. Memahat
    c. Kolase
    d. Menggambar

  3. Gambar awan, tetesan hujan, dan payung cocok digunakan untuk membuat kolase dengan tema…
    a. Pemandangan gunung
    b. Cuaca hujan
    c. Kebun binatang
    d. Liburan di pantai

  4. Berikut ini adalah alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat kolase, kecuali…
    a. Kertas bekas
    b. Daun kering
    c. Batu bata
    d. Biji-bijian

  5. Lagu "Tik Tik Bunyi Hujan" memiliki pola irama yang…
    a. Cepat
    b. Lambat
    c. Sedang
    d. Tidak beraturan

B. Isian Singkat

  1. Warna __ dan __ sering digunakan untuk menggambarkan awan mendung.
  2. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu dengan pola irama sederhana disebut alat musik __.
  3. Ketika membuat gambar pemandangan cuaca cerah, kita bisa menggambar matahari, awan __, dan __.
  4. Contoh bahan alam yang bisa digunakan untuk kolase adalah daun kering, biji-bijian, dan __.
  5. Garis dapat menciptakan kesan __ atau __ dalam sebuah gambar.

C. Uraian

  1. Sebutkan 3 contoh benda yang bisa kamu gunakan untuk membuat kolase bertema cuaca cerah!
  2. Jelaskan bagaimana kamu bisa menggambarkan cuaca mendung dalam sebuah gambar menggunakan unsur warna dan garis!

V. PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan): Bergerak dan Sehat di Berbagai Cuaca

Materi PJOK dalam Tema 5 berfokus pada gerak dasar (lokomotor, non-lokomotor, manipulatif) yang dapat dilakukan di berbagai kondisi cuaca, serta pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

A. Pilihan Ganda

  1. Gerakan berjalan, berlari, dan melompat termasuk dalam gerak…
    a. Non-lokomotor
    b. Lokomotor
    c. Manipulatif
    d. Statis

  2. Saat cuaca panas terik, jenis olahraga yang sebaiknya dihindari di luar ruangan adalah…
    a. Berenang
    b. Bersepeda santai
    c. Lari maraton
    d. Senam pagi

  3. Manfaat melakukan pemanasan sebelum berolahraga adalah…
    a. Agar tubuh cepat lelah.
    b. Menghindari cedera otot.
    c. Mengurangi semangat berolahraga.
    d. Membuat tubuh kedinginan.

  4. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan, kecuali…
    a. Memakai pakaian hangat.
    b. Minum air putih yang cukup.
    c. Sering bermain hujan-hujanan.
    d. Makan makanan bergizi.

  5. Gerakan menangkap bola termasuk dalam gerak…
    a. Lokomotor
    b. Non-lokomotor
    c. Manipulatif
    d. Statis

B. Isian Singkat

  1. Gerak __ adalah gerakan yang dilakukan di tempat, contohnya mengayun tangan.
  2. Saat berolahraga di cuaca panas, kita harus banyak minum __ agar tidak dehidrasi.
  3. Permainan __ cocok dimainkan di lapangan saat cuaca cerah.
  4. Setelah berolahraga, kita perlu melakukan __ untuk mengembalikan kondisi tubuh.
  5. Salah satu penyakit yang sering muncul saat musim hujan adalah __.

C. Uraian

  1. Jelaskan mengapa kita perlu memilih jenis pakaian yang tepat saat berolahraga di cuaca dingin!
  2. Sebutkan 3 contoh permainan yang bisa kamu lakukan di dalam ruangan saat cuaca hujan!

Kunci Jawaban

I. Bahasa Indonesia
A. Pilihan Ganda

  1. b (Cuaca)
  2. c (Bentuk rumah)
  3. b (Awan gelap tebal)
  4. b (Sebaiknya kamu memakai jas hujan dan payung agar tidak sakit.)
  5. b (Cuaca pagi ini sangat cerah.)

B. Isian Singkat

  1. terang
  2. hangat/tebal
  3. gelap
  4. radio/internet/koran
  5. keringat

C. Uraian

  1. (Contoh jawaban) Cuaca cerah: bermain bola, bersepeda, menjemur pakaian. Cuaca hujan: membaca buku, bermain game di rumah, tidur siang.
  2. (Contoh jawaban) Agar kita bisa mempersiapkan diri, misalnya membawa payung saat akan hujan, memakai jaket saat dingin, atau merencanakan kegiatan di dalam/luar ruangan dengan tepat.

II. Matematika
A. Pilihan Ganda

  1. c (Seperempat)
  2. b (1/3)
  3. b (2 buah) (1/4 dari 8 = 2)
  4. c (90 menit) (1 jam = 60 menit, 60 + 30 = 90)
  5. b (12.00 WIB) (10.00 + 2 jam = 12.00)

B. Isian Singkat

  1. perlima
  2. 30
  3. 3 (1/3 dari 9)
  4. 1/6
  5. 1/2

C. Uraian

  1. (Gambar persegi panjang dibagi 4, 3 bagian diarsir). Arti dari 3/4 adalah 3 bagian dari keseluruhan 4 bagian yang sama besar.
  2. Jeruk untuk kakak: 1/3 x 12 = 4 buah.
    Jeruk untuk adik: 1/4 x 12 = 3 buah.
    Total jeruk yang diberikan: 4 + 3 = 7 buah.
    Sisa jeruk Dayu: 12 – 7 = 5 buah.

III. PPKn
A. Pilihan Ganda

  1. a (Adanya berbagai jenis makanan khas daerah.)
  2. c (Menghargai dan menghormati setiap kebiasaan daerah lain.)
  3. a (Memakai jaket tebal.)
  4. b (Membantu korban semampu kita.)
  5. b (Kedua) (Sila kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)

B. Isian Singkat

  1. kewajiban
  2. menghargai/menghormati
  3. Indonesia
  4. sup/bakso/makanan hangat lainnya
  5. persatuan

C. Uraian

  1. (Contoh jawaban) Penting karena Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang disesuaikan dengan kondisi geografis dan cuaca. Menghargai keberagaman ini menunjukkan sikap toleransi dan memperkuat persatuan bangsa.
  2. (Contoh jawaban)
    • Hak: Minum air dingin, memakai pakaian tipis, menyalakan kipas angin.
    • Kewajiban: Menghemat penggunaan listrik (kipas angin), membersihkan rumah, menjaga kebersihan diri agar tidak bau.

IV. SBdP
A. Pilihan Ganda

  1. b (Garis)
  2. c (Kolase)
  3. b (Cuaca hujan)
  4. c (Batu bata)
  5. c (Sedang)

B. Isian Singkat

  1. abu-abu, hitam
  2. ritmis
  3. putih, biru
  4. kain perca/benang/kapas
  5. tebal, tipis/lurus, melengkung

C. Uraian

  1. (Contoh jawaban) Kertas warna kuning/oranye (untuk matahari), kapas (untuk awan), daun kering (untuk pohon), biji-bijian (untuk jalan/tanah).
  2. (Contoh jawaban) Dengan menggunakan warna-warna gelap seperti abu-abu, hitam, atau biru tua untuk awan dan langit. Garis bisa dibuat bergelombang atau zigzag untuk menunjukkan angin kencang atau tetesan hujan yang mulai turun.

V. PJOK
A. Pilihan Ganda

  1. b (Lokomotor)
  2. c (Lari maraton)
  3. b (Menghindari cedera otot.)
  4. c (Sering bermain hujan-hujanan.)
  5. c (Manipulatif)

B. Isian Singkat

  1. non-lokomotor
  2. air putih
  3. sepak bola/kasti/layang-layang
  4. pendinginan
  5. flu/batuk/demam

C. Uraian

  1. (Contoh jawaban) Saat cuaca dingin, tubuh akan cepat kehilangan panas. Pakaian yang tepat (misalnya jaket atau baju tebal) membantu menjaga suhu tubuh agar tidak kedinginan, sehingga terhindar dari penyakit dan tetap nyaman berolahraga.
  2. (Contoh jawaban) Bermain congklak, bermain petak umpet di dalam rumah, bermain puzzle, atau melakukan senam lantai sederhana.

Tips Belajar Efektif untuk Ujian Tema 5 Kelas 3 Semester 2:

  1. Pahami Konsep, Bukan Hanya Hafal: Cobalah untuk mengerti mengapa cuaca berubah, mengapa ada keberagaman, atau mengapa pecahan itu penting, bukan hanya menghafal definisinya.
  2. Baca Kembali Buku Pelajaran: Ulangi membaca materi dari buku tema dan catatan yang diberikan guru.
  3. Latihan Soal Secara Rutin: Manfaatkan contoh soal ini dan soal-soal lain yang ada di buku atau dari guru.
  4. Diskusi dengan Teman atau Guru: Jika ada materi yang kurang dipahami, jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi.
  5. Manfaatkan Media Lain: Tonton video edukasi tentang cuaca, baca cerita tentang keberagaman, atau buat karya seni bertema cuaca sebagai cara belajar yang menyenangkan.
  6. Istirahat Cukup dan Makan Bergizi: Tubuh dan pikiran yang sehat akan membantu proses belajar lebih optimal.
  7. Tetap Percaya Diri: Yakinlah pada kemampuan diri sendiri dan jangan takut salah. Jadikan kesalahan sebagai pembelajaran.

Kesimpulan

Ujian Tema 5 Kelas 3 Semester 2 adalah kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang "Cuaca" dari berbagai sudut pandang mata pelajaran. Dengan persiapan yang matang, pemahaman yang mendalam, dan sikap belajar yang positif, setiap siswa pasti bisa meraih hasil terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai panduan belajar yang komprehensif. Selamat belajar dan semoga sukses!

admin
https://staiibb.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *